Minggu, 28 September 2014

 Tips Berbicara di Depan Umum
            Sekadar penjelasan, bicara di depan umum yang dimaksudkan adalah ketika kita diberikan kesempatan untuk berpidato atau kata sambutan di khalayak ramai. Beberapa orang memiliki bakat alami dan kharisma dalam berpidato, sehingga sangat membantu mereka dalam penyampaiannya. Terus, gimana dengan yang kurang atau bahkan tidak berbakat ? Santai aja. Kemauan dan kerja keras akan mengalahkan bakat alami.
            Jadi, di sini saya bagikan tips untuk berbicara di depan umum, tentunya berdasarkan pengalaman dan versi saya sendiri. Check it out :

1.      Persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan
Persiapan tersebut diantaranya, mental, keyakinan diri (yakinkan dirimu untuk sanggup, sugesti pikiran akan cukup membantu mental anda, sugestikan anda bisa), bahan/ topik ( persiapkan bahan pembicaraan seaadanya, simpel, menarik, tetapi memuat inti yang ingin disampaikan)

2.      Latihan
Latihlah diri anda, dapat dilakukan bersama teman, atau di depan cermin.
Apabila dibutuhkan, rekamlah suara anda, agar anda dapat koreksi tata bahasa atau pengucapan yang perlu diperbaiki.

3.      Sehari sebelum penampilan, pastikan anda telah menguasai topik, dan coba ambil kegiatan relaksasi, agar dapat menenangkan pikiran dan mengurangi ketegangan.

4.      Sebelum penampilan berdoalah. Minta bantuan Yang Maha Kuasa, berdoa cukup membantu untuk meyakinkan dan menenangkan diri.

5.      Sekali lagi ‘pede’ lah.

6.      Pada saat di podium, usahakan agar anda tidak kelihatan gugup, tetap kuasai pikiran dan ketenangan. Tatap mata hadirin.Bila menatap mata dapat membuat anda gugup, tataplah dahinya. Mereka akan merasa seolah-olah anda menatap matanya

7.      Berbicaralah dengan tenang, jangan tergesa-gesa dan gugup agar anda tetap dapat menguasai alur topik yang ingin anda sampaikan. Sampaikan seperlunya, berikan sedikit senyum apabila dibutuhkan.

8.      Setelah selesai jangan lupa ucapkan terimakasih dan mohon maf apabila ada tutur kata yang salah.

Itulah sebagian tips untuk berbicara di depan umum, saya posting ini bukan berarti saya sudah jadi pembicara hebat. Hanya saja, tips di atas akan cukup membantu, bila anda menerapkannya. Setidaknya kemampuan saya berbicara di depan umum, sudah membaik setelah saya menerapkan cara diatas.
Sekian postingan saya, semoga cukup membantu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar